MELEPAS ALTERNATOR DARI MESIN

  1. Melepas kabel negatif baterai
  2. Melepas kabel-kabel yang berhubungan dengan alternator
  3. Melepas baut pengikat alternator

MELAKUKAN PEMERIKSAAN AWAL SEBELUM DIBONGKAR

  1. Cek suara abnormal dan kekocakan bearing alternator dengan memutar pully
  2. lakukan pemeriksaan hubungan terminal-terminal pada alternator

Tujuan pemeriksaan
Hubungan Ohm meter
Spesifikasi
(+)
(-)
Memeriksa rotor koil, sikat dan slip ring
F
E
3,9 – 4,1 Ohm
(tahanan rotor coil)
Diode positip dan Stator coil
B
N
Jarum bergerak
N
B
Jarum tidak bergerak
Diode negatip dan Stator coil
N
E
Jarum bergerak
E
N
Jarum tidak bergerak

pemeriksaan Rotor Coil

Pemeriksaan Diode Positif

Pemeriksaan Diode Negatif

MELAKUKAN PEMBONGKARAN ALTERNATOR

Lakukan pembongkaran dengan urutan sesuai dengan gambar berikut ini. Setelah semua baut yang mengikat alternator dilepas, untuk melepas alternator dilakukan dengan cara mengungkit cover depan dengan stator coil menggunakan obeng. Jangan mengungkit cover belakang dengan stator coil sebab dapat menyebabkan kawat stator putus atau diode putus saat tertarik sewaktu memisahkan.

Susunan Alternator regulator Mekanik

MELAKUKAN PEMERIKSAAN KOMPONEN ALTERNATOR

A. Pemeriksaan rotor alternator

Pemeriksaan rotor alternator meliputi:
  1. Pemeriksaan bearing alternator
  2. Pemeriksaan kondisi slip ring
  3. pemeriksaan rotor coil denagan ohm meter, standar tahanan untuk regulator mekanik: 3,9-4,2 ohm. dan untuk tahanan dengan IC: 2,8-3,0 ohm.
  4. Pemeriksaan hubungan rotor coil dengan bodi, tidak boleh ada hubungan
    Pemeriksaan Rotor Alternator

B. Pemeriksaan stator alternator

Pengetesan hubungan kawat lilitan dari kemungkinan putus atau terbuka dan pemeriksaan kebocoran kawat ke bodi stator coil.
Pemeriksaan Stator Coil

C. Pemeriksaan panjang sikat

Ukur panjang sikat, panjang sikat yang menonjol minimal 5,5 mm. Bila panajang siakt kurang dari standar maka perlu diganti. Cara mengganti sikat: Keluarkan sikat lama dengan cara memanaskan terminal siakat menggunakan solder kemudian ganti dengan siakt yang baru. Panajang sikat baru pada alternator regulator mekanik: 12,5 mm sedangkan alternator IC regulator sepanjang 16,5 mm.

Memeriksa dan Mengganti Sikat

D. pemeriksaan diode

Periksa semua diode menggunakan ohm meter seperti gambar di bawah ini.
Pemeriksaan diode negatif
Pemeriksaan Diode Negatif
  1. Hubungkan clem positif ohm meter dengan bodi negatif (terminal negatif) dan hubungkan clem negatif ohm meter dengan salah satu ujung stator (seperti gambar a dan b). ohm meter harus menunjukan tidak bergerak.
  2. Balik posisi, hubungkan clem positif ohm meter dengan salah satu ujung stator dan hubungkan clem negatif ohm meter dengan bodi negatif (terminal negatif) seperti gambar c. Jarum ohm meter harus bergerak.
Pemeriksaan Diode Positif
Periksa diode positif seperti gamabar dibawah ini.
Memeriksa Diode Positif

    Teknologi Motor Bensin

    More >>

    Listrik Elektronika Otomotif

    More >>

    Sepeda Motor

    More >>

    Health

    More >>