Sistem pengisian brushlees yaitu sistem pengisian yang tidak menggunakan sikat pada alternator. Sikat alternator merupakan komponen yang paling lemah dari alternator. Sikat terbuat dari karbon dan  selalu bergesekan dengan slip ring selama altenator berputar, sehingga komponen ini cepat aus. Guna mengatasi hal tersebut dibuat alternator tanpa sikat, dengan model ini maka sistem pengisian bebas perawatan (maintenance free).

Rotor coil sebagai penghasil magnet pada rotor dibuat posisi diam atau tidak ikut berputar, karena posisi diam maka listrik dapat dialirkan langsung ke lilitan rotor tanpa perlu sikat. Konsep menghasilkan magnet mirip dengan kopling magnet pada kopling kompresor AC.  Dengan metode ini memungkinkan disainer alternator membuat alternator yang dayanya lebih besar dengan meningkatkan kekuatan magnet karena besar arus listrik dapat dialirkan langsung tanpa melalui sikat.
Prinsip kerja sistem pengisian hampir sama dengan sistem pengisian IC regulator,  karena pengaturan kekuatan magnet dilakukan oleh IC regulator. 

PERBEDAAN KONSTRUKSI ALTERNATOR BRUSH DENGAN ALTERNATOR BRUSHLESS

perbedaan alternator yang menggunakan sikat (brush) dengan alternator tanpa sikat (brushless) adalah sebagai berikut:

Bagian
Dengan Sikat (brush)
Tanpa Sikat (brushlees)
Sikat
Ada
Tidak  ada
Slip ring
 Ada
Tidak ada
Rotor coil
Ikut berputar
Diam
Pengaturan kekuatan magnet
Reg. mekanik/ IC
IC
Penggunaan
Daya kecil-menengah
Daya menengah-besar

Rotor Alternator brush (menggunakan sikat)



Rotor Alternator Brushless (tanpa sikat)

    Teknologi Motor Bensin

    More >>

    Listrik Elektronika Otomotif

    More >>

    Sepeda Motor

    More >>

    Health

    More >>