MESIN/ENGINE
Mesin adalah suatu alat yang berfungsi untuk merubah energi: air, panas, listrik atau tenaga atom menjadi tenaga mekanik.
Mesin yang digunakan untuk merubah energi panas yang dihasilkan oleh pembakaran menjadi tenaga disebut mesin panas (thermal engine).

Thermal engine dibagi menjadi 2, yaitu:
  1. Internal combustion engine (motor pembakaran dalam)
  2. Eksternal combustion engine (motor pembakaran luar)
Mesin sepeda motor harus berukuran kecil tetapi memiliki tenaga yang besar, mudah dikendalikan dan tidak berisik. Untuk memenuhi hal tersebut digunakan mesin bensin.

KLASIFIKASI MESIN PEMBAKARAN DALAM
1. Berdasarkan bahan bakar
  • Mesin bensin
  • Mesin diesel
  • Mesin gas
 2. Berdasarkan gerak
  • Resiprocal engine (piston engine)
  • rotary engine
3. Berdasarkan sistem penyalaan
  • Penyalaan dengan busi
  • Penyalaan dengan kompresi
4. Berdasarkan cara kerjanya
  • Motor 4 tak
  • Motor 2 tak
PRINSIP KERJA MESIN BENSIN
Pembakaran dan peledakan bensin
Jika bensin yang ada di dalam panci diberi api, bensin tersebut akan terbakar tetapi tidak meledak. Tapi jika bensin tersebut terbakar pada tabung yang tertutup, gas pembakaran akan berexspansi dan menekan tutup tabung. hal ini menandakan bensin menghasilkan tenaga.

Jika bensin terbakar dengan cepat maka tenaga ledaknya menjadi lebih besar. Untuk membakar bensin dengan cepat, bensin harus dicampur dengan udara agar menjadi uap.

FAKTOR PENTING UNTUK MENUNJANG KERJA DARI MESIN
  1. Bahan bakar yang baik
  2. Komponen yang baik
  3. Pengapian yang baik
KONSTRUKSI DASAR MESIN 2 TAK


Konstruksi Motor 2 tak


Mesin 2 langkah hanya memerlukan satu kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus pembakaran. Campuran bahan bakar dan udara dikompresikan 2 kali setiap putaran.
Pada mesin 2 tak piston juga berfungsi sebagai katup.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MESIN 2 TAK
Keuntungan:
  1. Pembakaran terjadi pada setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus dan putaran mesin menjadi lebih halus.
  2. Konstruksinya sederhana (tidak terdapat mekanisme katup)
  3. Tenaga yang dihasilkan lebih besar
Kerugian:
  1. Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi.
  2. Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang, sehingga ring piston lebih cepat aus.
  3. Mudah terjadi panas pada silinder karena lubang buang terdapat pada bagian silinder
  4. Konsumsi bahan bakar dan pelumas lebih banyak
KONSTRUKSI DASAR MOTOR 4 TAK

Konstruksi Motor 4 tak

Mesin 4 tak memerlukan dua kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus pembakaran di dalam silinder. Terdapat mekanisme katup.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MOTOR 4 TAK
Keuntungan:
  1. Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil, sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat
  2. Pada putaran rendah lebih baik dan panas lebih rendah
  3. Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan lebih baik
Kerugian
  1. Mekanisme katup lebih banyak, sehingga perawatannya lebih sulit
  2. Suara mekanis lebih gaduh
  3. Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil










































    Teknologi Motor Bensin

    More >>

    Listrik Elektronika Otomotif

    More >>

    Sepeda Motor

    More >>

    Health

    More >>