Karburator berfungsi untuk merubah bahan bakar cair menjadi bahan bakar gas.
Campuran bahan bakar yang ideal yaitu 1:15. Karburator harus dapat mempertahankan komposisi campuran tersebut baik pada putaran rendah, menengah, tinggi serta beban maksimum.
PRINSIP KERJA KARBURATOR
- Tekanan atmosfir
- Kevakuman
- Prinsip kerja venturi
1. Tekanan atmosfir
Tekanan atmosfir adalah tekanan udara yang berada disekitar kita.2. Vacum
Vacum adalah keadaan tidak ada udara sama sekali/hampa dalam satu ruangan tertutup.
Gerakan Piston Saat Langkah Isap Menimbulkan Kevakuman |
3. Venturi
Venturi adalah penyempitan suatu ruangan sehingga tekanan udara menurun, sebaliknya kecepatan udara menjadi naik.Tekanan Rendah Pada Venturi Menghisap Bahan Bakar dari Ruang Bakar |
Venturi Dibentuk Berdasarkan Ketinggian Piston Valve/throtle Valve |
BAGIAN-BAGIAN KARBURATOR
Komponen-Komponen Karburator |
- Ruang bakar
- Choke valve
- Piston valve
- Main jet
- Slow jet
- Piston valve screw
- Pilot screw
- Pompa akselerasi
1. Ruang bakar
Ruang bakar pada karburator adalah ruangan untuk menampung bahan bakar.Volume bahan bakar di dalam ruangan bahan bakar dikendalikan oleh pelampung dan jarum pelampung.
Ruang Bahan Bakar |
2. Choke valve
Berfungsi untuk memperkaya bahan bakar, terutama pada saat mesin dalam kondisi dingin.Choke Valve |
3. Piston valve
Berfungsi untuk :- Merubah putaran mesin
- Mempertahankan kecepatan mesin (kendaraan) pada beban yang berbeda
- Dilengkapi dengan jarum skep/jet needle untuk mengatur bahan bakar yang keluar dari saluran utama.
Piston Valve |
4. Main jet
Main jet berfungsi untuk menyuplai bahan bakar yang sesuai pada berbagai tingkat kecepatan mesin. 5. Slow jet
Berfungsi untuk menyuplai bahan bakar kedalam silinder pada saat putaran mesin langsam.6. Piston valve screw
Berfungsi untuk mengatur besar kecilnya posisi piston valve (gas) pada saat mesin pada putaran langsam
7. Pilot screw
berfungsi untuk mengatur jumlah aliran udara untuk mendapatkan campuran yang tepat pada saat putaran langsam
8. Pompa akselerasi
Berfungsi untuk menambah bahan bakar saat mesin mengalami perubahan kecepatan putaran, dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi.
Penambahan bahan bakar diperlukan karena pada saat piston valve terangkat, kevakuman akan turun sehingga suplai bahan bakar akan berkurang.
CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN LANGSAM/IDLE SPEED
- Piston valve tertutup, udara mengalir melalui slow air bleed menuju saluran slow jet.
- Udara bercampur dengan bahan bakar dari saluran slow jet menuju ruang bakar.
CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN MENENGAH
- Saluran venturi yang terbentuk setengah dari venturi maksimum.
- Udara mengalir melalui saluran venturi dan slow air bleed.
- Jarum skep/jet needle terangkat mengikuti pergerakan piston valve.
- Bahan bakar mengalir melalui main jet dan slow jet.
Aliran Udara dan Bahan Bakar |
Posisi Jet Needle terhadap Main Jet |
Posisi Klip yang dapat Dipindah-pindah |
CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN TINGGI
- Piston valve terbuka penuh
- Jarum skep terangkat seluruhnya
- Udara mengalir seluruhnya melalui venturi dan main air bleed
Suplai Bahan Bakar Melalui Main Air Bleed |
Kerja Main Air Bleed Saat Piston Terangkat Penuh |
- Venturi maksimum
- Jet needle terangkat penuh
- Saluran utama (main jet)
- Main air bleed
KARBURATOR TPFC
Menyuplai bahan bakar tambahan untuk menghindari penurunan tenaga mesin.Cara Kerja Karburator TPFC |
KARBURATOR ACV
Untuk mencegah terjadinya ledakan pada knalpot pada saat putaran mesin turun dari rpm tinggi ke rpm rendah.Bagian-bagian ACV :
- Membran, berfungsi untuk menutup dan membuka katup saluran udara yang menuju ke slow jet.
- Saluran udara untuk vakum, berfungsi mengalirkan kevakuman menuju membran
- Saluran udara ke spuyer kecil (slow jet), berfungsi untuk menambah campuran udara yang diproses oleh slow jet.
Prinsip Kerja ACV |