Upaya yang dilakukan untuk mengurangi kelemahan motor 2 tak antara lain dengan :
- KIS (kawasaki integrated system)
- RIS (resonator intake system)
- KIPS (kawasaki integrated power valve system)
- RC VALVE (revolutinary controled exhaust system)
- YPVS (yamaha power valve system)
- YEIS (yamaha energy induction system)
KIS
Penambahan suatu ruangan yang pintu masuknya berdekatan dengan lubang pembuangan. KIS diterapkan pada kawasaki ninja RRFungsi: memblokir campuran udara dan bahan bakar segar agar tidak keluar ke saluran pembuangan pada saat langkah isap.
KIPS
Prinsip kerja KIPS |
Merupakan pengembangan dari KIS. Berfungsi mengatur lubang pembuangan sesuai dengan putaran mesin.
Pada RPM tinggi: Katup membuka sehingga pengeluaran gas buang lebih sempurna.
Pada RPM rendah: Katup menutup untuk mencegah keluarnya campuran udara dan bahan bakar yang baru masuk ke ruang bakar.
YPVS DAN RC VALVE
YPVS diterapkan oleh yamaha TZM RC VALVE diterapkan pada NSR 150 R
Kelemahan menggunakan YPVS dan RC VALVE, pada saat lalu lintas padat motor cepat panas karena saluran buang tertutup.
Prinsip kerja YPVS dan RC VALVE:
- Katup akan tertutup penuh pada putaran 2000-6000 rpm
- Pada putaran 6000-8500 rpm, katup mulai membuka
- Diatas putaran 8500, katup membuka penuh
RIS
Penambahan suatu ruangan antara karburator dengan karter. Komponen yang memiliki fungsi serupa dengan RIS pada yamaha disebut dengan YEIS.Fungsi:
- menampung udara dan bahan bakar yang belum sempat masuk keruang bakar dan tersedak keluar akibat tekanan balik.
- Menyetabilkan aliran campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang karter.
KIS DAN RIS
KIS dan RIS |
Prinsip: Berat jenis gas buang lebih berat dibanding gas baru karena telah tercampur carbon. sehingga bahan bakar murni cendrung diatas dan masuk ke ruang KIS.
Kelemahan: tidak dapat distel untuk berbagai putaran motor.
PERBANDINGAN OUT PUT DENGAN RPM
perbandingan out put dengan rpm |